Senin, 04 Maret 2013

Jubileum 50 Tahun GKPPD Sumbul



Mejaga Lingkungan Yang Sejuk Sama Dengan Memelihara Bagian Dari Tubuh Manusia

SIRA Online - Sidikalang : Menjaga lingkungan untuk selalu sejuk, sama dengan menjaga atau memelihara salah satu bagian dari tubuh manusia agar selalu dapat berfungsi dengan baik.

Hal itu disampaikan Pendeta Resor Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) Sumbul. Pdt.Sihol Kesogihen, STh, mengawali kotbahnya pada Apel siaga gerakan penanaman 5000 pohon dari berbagai jenis, yang merupakan rangkaian Jubileum 50 tahun GKPPD Resort Sumbul, yang berlangsung di halaman Kantor Camat Sumbul Kabupaten Dairi, Jumat (1/3).

“Tuhan memberikan mandat atau kuasa kepada manusia untuk menikmati seluruh ciptaanNya, termasuk Pohon yang berfungsi untuk membuat lingkungan kita selalu sejuk. Akan tetapi kita sering menyalahgunakan mandat tersebut.  Padahal, selain untuk menikmati, kita juga diberi tanggungjawab untuk memelihara seluruh ciptaanNya, termasuk memelihara lingkungan untuk selalu sejuk”,ungkap Pdt. Kesugihen. 

Menurut Pendeta Kesugihen, memelihara lingkungan, seperti menanam dan memlihara pohon, sama halnya dengan memelihara salah satu anggota tubuh tubuh manusia untuk selalu berfungsi dengan baik. “Untuk itu, mari kita ciptakan dan kita pelihara lingkungan kita untuk selalu sejuk, dengan menanam dan memelihara pohon yang ada di lingkungan kita, sehingga kelak, anak cucu kita juga dapat menikmatinya”, ajak Pdt. Kesugihen.

Camat Sumbul, Drs. Guntur Siregar yang bertindak selaku pimpinan Apel siaga gerakan penanaman 5000 pohon itu, menyambut baik kegiatan tersebut. Bahkan Guntur mengakui, bahwa kegiatan penanaman 5000 pohon itu, telah tercatat dengan tinta emas di Kecamatan Sumbul. Sebab menurutnya, melalui kegiatan tesebut, sebanyak 242 Gereja yang ada di Kecamatan Sumbul, termasuk Umat Muslim dapat menyatu, membantu pemerintah untuk mengurangi efek issu global warning.

Sementara itu, Ketua umum Panitia Jubileum 50 Tahun GKPPD resort Sumbul, Richard Edy M. Lingga didampingi Ketua harian, MG.Lingga dalam sambutannya menghimbau, agar seluruh bibit pohon yang merupakan partisipasi sosial dari panitia itu, benar-benar ditanam dan dipelihara, agar kelak dapat dinikmati anak cucu.

Gerakan penanaman 5000 pohon, selain diikuti panitia Jubileum, dan warga gereja GKPPD, kegiatan itu juga dihadiri, Kapolsek Sumbul, AKP. Boris Saragih, Dan Ramil Sumbul, Kepala UPT Pendidikan, Kesehatan, sejumlah PNS, tokoh gereja, tokoh masyarakat, Kepala Sekolah, dan sejumlah siswa.

Usai acara, salah seorang tokoh masyarakat Sumbul, St.JH. Simbolon (61) kepada Batak Pos mengaku bangga, dan menyambut positip kegiatan yang diprakarsai oleh panitia Jubileum 50 tahun GKPPD tersebut. Sebab menurutnya, kegiatan penanaman sejumlah pohon itu, juga merupakan bagian dari ibadah. D 20.

Keteangan Foto : Foto Bersama : Panitia Jubileum 50 Tahun GKPPD Sumbul, Foto bersama dengan Muspika Sumbul, dan sejumlah siswa SMP dan SMA yang ada di Sumbul, Jumat (1/3) 
( Foto dok.SIRA/Robinson Simbolon.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar