Minggu, 03 Februari 2013

LSM TANTANG PEMKAB ACEH SINGKIL BUKA-BUKAAN SOAL ANGGARAN

SIRA Online - Singkil : Pejabat pengguna anggaran di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) AcehSingkil, ditantang berani buka-bukaan soal anggaran yang dikelolanya. Berapa nilai dan digunakan untuk apa saja, bila perlu tiap triwulan disampaikan kepada publik. Langkah itu, diperlukan supaya masyarakat luas dapat melakukan pengawasan terhadap penggunaan uang negara.

Tantangan itu, disampaikan pegiat LSM anti korupsi dan mahasiswa , Jumat (1/2). Selama ini, LSM saja sangat kesulitan mengakses data dari dinas-dinas, konon lagi masyarakat awam. Padahal yang diminta merupakan data publik. 
“Kami mengapresiasi Kapolres Aceh Singkil berani membuat terobosan membuka anggaran yang dikelolanya ke publik. Langkah itu patut ditiru, kami tantang pejabat di daerah ini membuka anggaran yang  digunakannya ke publik,” ujar Warman aktivis LSM anti korupsi di Aceh Singkil.  Menurut Warman, transparasi anggaran bisa dimulai dari hal-hal kecil. Umpanya mengumumkan anggaran biaya perjalanan dinas pejabat, makan minum pegawai dan perawatan mobil dinas pejabat. Pembukaan anggaran ke publik disampaikan secara terperinci, bukan gelondongan. 
“Masyarakat bisa melakukan pengawasan bila mengetahui nilai dan peruntukan anggaran. Sayangnya selama ini, dokumen anggaran masih dianggap rahasia. Kalau begitu terus bagaimana transparasi anggaran bisa tercipta,” tukasnya.  

Sukran Sastra Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Aceh Singkil (Hipmasil) menyatakan, keberanian Kapolres Aceh Singkil AKBP Bambang Syafrianto, memberikan akses informasi anggaran ke publik wajib ditiru pejabat di daerah ini. Transparansi keuangan negara sebut Sukran, sangat penting. Agar masyarakat tahu anggaran eksekutif dan legislatif, mengutamakan kepentingan masyarakat atau kepentingan pribadi dan kelompok. 
“Berkaca dari pengalaman dua periode sebelumnya, terkesan tidak ada transparansi padahal yang dikelolah adalah uang rakyat. Mahasiswa mendesak eksekutif dan legislatif Aceh Singkil, meniru langkah Kapolres mempublikasikan anggaran,” tegas Sukran.(abdasion)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar