Rabu, 30 Mei 2012

Ketua PWI Sumut : "Tidak Ada Alasan Wartawan Untuk Tidak Bersikap Professional"

SIRA - Sidikalang :
 Bupati Dairi, melalui Sekda Kabupaten Dairi, Julius Gurning, S.Sos, MSi, secara resmi membuka Pelatihan Jurnalistik Bagian Humas Pemkab Dairi Tahun 2012, yang diikuti sekitar 80 orang wartawan dan sejumlah jajaran Pemkab Dairi, berlangsung di Gedung Eks Bawasda Dairi, Rabu (30/5).
 Pada sambutan tertulis Bupati Dairi, yang dibacakan Julius Gurning, Pemerintah Kabupaten Dairi ingin mengajak segenap insan pers yang bertugas di Dairi, unruk dapat melaksanakan tugas jurnalistiknya, secara professional, dan penuh tanggung jawab moral, serta menjunjung tinggi kode etik pers maupun wartawan, untuk menuju kemandirian pers Indonesia.
 Sebagai mitra Pemkab Dairi, diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara Pemkab Dairi dengan masyarakat yakni, dengan turut membantu menye-barluaskan informasi dan komunikasi pembangunan kepada masyarakat dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat. 

Pada pembukaan acara pelatihan yang dihadiri, 3 orang Narasumber, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Drs. M. Syahrir, Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Rizal Rudy Surya, dan kordinator PWI wilayah Karo, Dairi, Papak Baharat, Dikson Pelawi itu, Pemkab Dairi mengingatkan, agar para wartawan Dairi yang bertugas mencari dan menulis berita itu, hendaknya menulis secara bertanggung jawab, dan jangan mau dimanfaatkan oleh pihak – pihak tertentu, untuk memprovokasi perpecahan di tengah – tengah kehidupan masyarakat Dairi.
 Ketua PWI Sumut, Drs. M. Syahrir dalam paparannya berkesimpulan bahwa, tidak ada alasan wartawan untuk tidak bersikap professional, dalam menjalankan tugas profesi kewartawanan, sebagaimana termaktub dalam Kode Etik Jurnalistik (KEJ) karena itu, ukuran profesionalisme wartawan terletak pada ketaatan pada KEJ.
 “Ketika wartawan tidak professional dalam menjalankan tugas jurnalistinya, siap – siaplah untuk menghadapi gugatan hukum dari masyarakat yang merasa dirugikan atas hasil karya jurnalistik yang dibuat”, kata Syahrir.
 Sebelumnya, Kabag Humas Pemkab Dairi, Rawasid, SE dalam laporannya menyampaikan,  bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan itu, adalah untuk memberikan kesempatan kepada insan pers Dairi, untuk meningkatkan kapabilitas dan integritas sebagai juru warta, sehingga melalui pelatihan itu, diharapkan terbangunnya hubungan yang harmonis antara pemkab, dengan insan pers, yang pada gilirannya akan bermitra untuk tujuan yang sama yakni, untuk membangun Dairi. (Robs/SR-01)
Keterangan Foto :Serahkan Plakat : Pemkab Dairi, melalui Sekda Kab. Dairi, Julius Gurning, menyerahkan Plakat Pemkab Dairi, kepada Ketua PWI Sumut, Drs. M. Syahrir, pada pembukaan pelatihan Jurnalistik Humas Pemkab Dairi, yang berlangsung di Gedung Eks Bawasda Dairi, Rabu (30/5). (foto dok.SIRA/R.Simbolon.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar