Kamis, 17 Mei 2012

Forum LSM dan Wartawan Dairi :

Serahkan Sedekah RP.57.700
“ Seputar Keberangkatan Wisata Rohani  ke Mekah dan Jerusalem”  
SIRA  - SIDIKALANG  : 
Sebagai wujud keprihatinan rencana kegiatan Umroh ke kota suci Mekkah bagi 15 orang umat Muslim, dan 25 orang umat Nasrani berwisata rohani ke Jerusalem, yang difasilitasi, dan dananya telah dianggarkan di APBD Dairi 2012 sebesar 1 Milliar, Forum Komunikasi LSM dan Pers Dairi, menyerahkan Sedekah kepada Pemkab Dairi, melalui DPRD Dairi, Rabu (2/5).
 Hal itu disampaikan ketua LSM / Pers Dairi, Passiona Sihombing, didampingi sejumlah LSM dan insan Pers Dairi, saat menyerahkan sedekah yang didapat dari hasil aksi penggalangan dana di sepanjang ruas jalan Sidikalang 1/5), kepada ketua DPRD Dairi, Delphi Masdiana Ujung, yang didampingi, Wakil Ketua Suparto Gultom, dan Martua Anahampun di Ruang Rapat Ketua DPRD Dairi, untuk diserahkan ke Pemkab Dairi, serta akan dilanjutkan kepada MUI maupun BMAG yang mengkoordinir keberangkatan tersebut.
 Adapun Sedekah yang diserahkan adalah, Uang tunai RP.57.700, satu eksamplar Buku terbitan KPK tentang korupsi, Minyak Wangi, Sendok Garpu, Sisir, Kantongan Belanja, Permen, Obat – obatan, Air Mineral, serta 1 set Alat Cukur, dengan harapan dapat digunakan para Pendeta maupun umat Muslim yang melakukan Umroh dan Wisata Rohani itu.
 Terkait dengan penggunaan Dana APBD untuk kegitan Umroh dan Wisata Rohani itu, Ketua DPRD Dairi, Delphi Masdiana Ujung mengakui, pada tahun – tahun sebelumnya, kegiatan seperti itu, juga hampir setiap tahun dilakukan, namun jumlahnya yang diberangkatkan tidak sebanyak sekarang.  Lebih lanjut dikatakan, keberangkat para pemuka agama menuju Jerusalem dan Mekkah tersebut sudah sesuai mekanisme penggunaan APBD,dan rincian penggunaanya sudah sesuai dengan PP. No. 32 tahun 2011 “artinya dana  pemberangkatan mereka, sebelumnya sudah dianggarkan di APBD 2012 dan  kita memang sudah  menyetujuinya, hanya memang mungkin kedepan kita harus semakin teliti didalam menyetujui penggunaan APBD.
 Sementara itu, Hendrik Situmeang, salah seorang pimpinan Media lokal, sangat menyanyangkan sikap pemuka agama yang mau saja menerima usulan pemberangkatan yang mempegunakan Anggaran Belanja Rakyat banyak, sementara jelas semua tahu mereka yang berangkat itu, adalah hanya sekelompok orang yang bilamana kembali dari kegiatan ibadah,mereka  belumlah tentu dapat menjadi teladan bagi masyarakat.
 Untuk itu, Hendrik mengajak ketua DPRD dan semua yang turut hadir untuk kembali mengevaluasi seberapa pentingnya, para pemuka agama itu harus beribadah diluar negeri sementara di Dairi masih sangat banyak tempat tempat ibadah yang perlu diperbaiki, dan bila dana yang dianggarkan ke LN digunakan untuk kepentingan mayoritas maka itulah sesungguhnya ibadah nyata yang diinginkan agama manapun, untuk kepentingan oramg banyak.
 Hendrik  juga membandingkan, bila anggaran 1 milliar itu digunakan untuk pembinaan LSM, maupun Pers sebagai mitra Pemerintah, untuk satu tahun, dengan penggunaan oleh mereka yang berangkat Umroh dan berwisata Rohani hanya dalam waktu satu minggu, untuk itu Ia meminta agar anggota Legislatif itu memperketat pengawasannya terhadap penggunaan uang rakyat itu.,
 Seirama dengan hal tersebut, Ketua LSM Garansi Dairi, Jonner Simbolon menandaskan, “ tujuan pemberian sedekah ini, diharapkan dapat membuka hati, dan mata mereka yang berangkat, untuk tidak mementingkan kepuasan diri sendiri,  mereka harus melihat, begitu banyaknya masyarakat yang tinggal di pelosok Dairi, yang masih hidup jauh di bawah garis kemiskinan”, tandas Jonner. (Robs)
 

1.Keterangan foto : Ketua Pemuda Pancasila Dairi, Selamat Ujung, memberikan sedekah kepada salah seorang LSM, pada Aksi penggalangan dana oleh Forum Komunikasi LSM / Pers Dairi, di salah satu Rumah Makan di depanKantor Bupati Dairi Sidikalang, (Foto dok.SIRA/Robs)

2.Ketua DPRD Dairi, Delphi M. Ujung (kiri), didampingi Suparto Gultom,dan Martua Anahampun, memberikan penjelasan kepada sejumlah LSM/Insan Pers Dairi, terkait penggunaan Dana APBD untuk biaya perjalanan Umroh dan Wisata Rohani ke Mekkah dan Jerusalem di ruang Rapat Ketua DPRD Dairi, Rabu (2/5), (Foto dok .SIRA/R.Simbolon).  
 

2 komentar:

  1. selamat malam kepada bapak ibuk saya mau melaporkan kantor koprasi yang berada di sidikalan sewenang wenang masuk kerumah nasabah dan membuat kekasaran apalagi berani masuk kamar nasabah nya dengan paksa ,,tolong pak di himbau apa ini hukum koprasi itu ... tolong di kpada media ini no hp saya 085260708100 kejadian nya tadi sore. mohon bak di himbau

    BalasHapus
  2. saya mohon bapak ibuk dapat menyesaikan nya .alamat kota sidikalang kab,dairi. mereka memperlakukan nasabah nya dengan kerusuhan .tolong pak buk kantor koprasi itu yang ada di sidikalang tak bermanusiawi

    BalasHapus