Minggu, 22 April 2012

Sidikalang ,SIRA : 
Salah satu program pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN), upaya untuk mewujudkan hemat listrik yang terbaik, dan salah satunya adalah, membuat solusi agar pelanggan beralih, dari meteran pasca prabayar menjadi meteran prabayar. Ajakan itu disampaikan, Manager PT. PLN Persero Ranting Sidikalang, Ir. Slamat yang dihubungi Batak Pos, di Ruang kerjanya, Kamis (19/4). Diakuinya, program itu sudah berjalan sejak tahun 2011, namun belum maksimal. “Hingga saat ini, pelanggan yang sudah memberlakukan migrasi daya dari Kwh mekanik, menjadi Listrik Prabayar (LPB) yakni, sistim pengisian pulsa sudah mencapai 900 pelanggan, dan upaya ini akan terus kita laksanakan kepada calon pelanggan maupun pelanggan melalui sosialisasi, maupun melalui pembuatan spanduk, untuk dapat diketahui pelanggan, bahkan dalam waktu dekat, kita akan mensosialisasikannya kepada pelanggan, dengan mengundang melalui sosialisasi dari pihak Muspida, camat, dan kepala desa”, jelas Slamat Slamat juga mengatakan, sistim prabayar melalui pengisian pulsa itu memiliki kelebihan dan keuntungan bila dibandingkan dengan sistim mekanik diantaranya, tidak ada beban biaya, tidak ada salah baca, dapat memonitor pemakaian, dan kepada pemilik rumah yang menyewakan rumahnya tidak lagi menjadi beban, apabila sipenyewa pindah meninggalkan tunggakan, dan keamanan meteran akan terjamin sebab, meteran tidak bisa berpindah-pindah. Hal senada juga disampikan Kasi Pelayanan PLN Ranting Sidikalang, Marolen Sihombing, yang menjelaskan, sistim prabayar dengan pembelian pulsa yang tersedia diloket - loket PLN, BRI, maupun kantor pos itu, paling sedikit 20 puluh ribu misalnya, dengan mengisi pulsa 20 puluh ribu, sipelanggan harus merperhatikan pemakain, dan jangan sampai habis, baru dilakukan pengisian pulsa, “tanda-tanda dalam meteran akan timbul warna kuning, yang menandakan pulsa masih ada, dan warna merah disertai dengan bunyi alaram menandakan pulsa sudah mau habis, dan segera lakukan pengisian ulang”, jelas Marolen. 
Lebih lanjut dijelaskan, syarat untuk menjadi pelanggan LPB itu adalah, pelanggan membuat permohonan kepada Kantor PLN, dengan memperhatikan dua hal yakni, tanpa perubahan daya, dan membawa kwitansi rekening pembayaran terahir, “Dengan diberlakukan sistim prabayar ini, pelanggan akan terbantu dari segi keuntungan, dan pihak PLN tidak ada lagi mendapat tunggakan-tunggakan yang selama ini menjadi masalah ditubuh PLN, dan dari segi penghematan tenaga kerja, tidak perlu lagi pencatat meteran”, jelasnya Untuk itu, Marolen menghimbau, agar seluruh warga Dairi yang menjadi calon pelanggan, maupun pelanggan tetap, baik rumah tangga, kantor dan industri untuk mempertimbangkan keuntungan dan kelebihan pemakaian sistim PLB itu yakni, dengan membuat permohonan kepada PLN untuk menjadi pelanggan prabayar, demi terciptanya mitra kerja PLN yang baik untuk melayani pelanggan dengan cepat dan baik. (Robs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar