Selasa, 24 April 2012

Organisasi Pakpak Harus Aktif Meningkatkan Budaya

Medan ,SIRA : 
Organisasi Pakpak yang sudah ada saat ini perlu berperan aktik untuk meningkatkan dan melestariakan budaya Pakpak di Bumi Sulang Silima Pakpak Silima suak ini.Hal inidisampaikan DR.Musyto Solin ketika menyampaikan sambutan dari tokoh Pakpak yang berdomisili dikota medan dalam acara pegelaran seni budaya Pakpak yang dilaksanakan di PRSU Medan baru-baru ini. nbsp;
Ditambahkan lagi, lembaga- lembaga kebudayaan atau organisasi Pakak harus berperan aktif untuk pengembangan dan pelestarian budaya Pakpak sebagai salah satu ased Pemkab Dairi dan tidak bisa berpangkau tangan dalam mengembanjkan kebudayaan Pakpak tersebut, apalagi kita umumnya orang Pakpak.Dan kalau tidak kita sendiri menghargai budaya kita,siapa lagi. Bila kita sudah eksis, sudah barang pasti orang lain atau suku lainnya pasti menghargai, bahkan ikut mendudkung, karena seni budaya Pakpak ini adalah unik dan cukup menarik dalam penampilannya. Itulah dalam sambutannya diacara itu. Setelah selesai menyampaikan sambutan pada acara pegelaran seni budaya Pakpak di PRSU , Pemred SKU-SIRA menjumpai DR. Musyto Solin ditempat yangsama, dalam tanggapannya mengatakan, budaya Pakpak itu adalah unik, berarti perlu dilastarikan dengan baik ,sekalian dipromosikan kemanca negaramaupun domestik urainya . Dengan disebutkan, tidak ada alasan lembaga kebudayaan dan organisasi Pakpak dimanapun berada harus memelihara dengan baik dan meningkatkan seni budaya Pakpak itu. Dan harus segera mungkin melakukan intropeksi diri, sehingga budaya Pakpak ini tidak punah tegasnya. Saya selaku putra Pakpak yang berdomisili di medan ini siap mendukung dalam pengembangan budaya ini,baik itu moril maupun matril bila sungguh-sungguh dikelola dengan baik,apalagi menurut informasi bahwa ada beberapa organisasi Pakpak dan Lembaga Kebudayaan Pakpak mendapat bantuan dari Pemkab Dairi untuk pengembangan seni budaya Pakpak.Jadi berarti tidak sulit lagi melestarikan seni budaya Pakpak itu ujarnya kepada SIRAmengaakhiri percakapannya.(SR-01)
DR.Musyto Solin sedang lipat tangan ketika Pemred SIRA minta komentar seputar masalah budaya Pakpak .(Foto dok.SIRA/Koting Tumangger)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar