Kamis, 19 April 2012

Kata Bharat Merupakan Kiasan,Menurut Pemerkarsa “Panutan”

Pakpak Bharat,SIRA :
Ketua Lembaga Adat Budaya Pakpak Simsim (LABPS) Kabupaten Pakpak Bharat. JH. Manik mengatakan bahwa LABPS didirikan untuk dan demi mempertahankan budaya asli Pakpak Simsim, dimana menurutnya kekhawatiraan akan terkon-taminasinya tatanan dan budaya Pakpak ini dengan budaya moderen, bahkan jika kita renungkan, saat ini simsimlah merupakan harapan benteng terakhir mempertahankan adat budaya pakpak itu sendiri.


Maka untuk menjaga eksistensi budaya Pakpak Simsim adalah kita harus mampu mengimplementasikanya di tatanan hidup kita sehari hari. Agar harapan kita adat budaya Pakpak akan tetap nantinya dapat dikenal dan dipertahankan oleh kaum muda atau generasi Pakpak.
JH. Manik juga mengatakan, kata Bharat adalah merupakan kiasan yang artinya menurut pemerkarsa adalah “Panutan,” dimana wilayah Kabupaten Pakpak bharat adalah meliputi wilayah simsim, oleh sebab itu tokoh budaya ini mengajak, ”marilah kita sama-sama membangun, menjaga Kabupaten Pakpak Bharat dengan memperkuat budaya dan adat Pakpak,” katanya sembari mengingatkan. (SR-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar