Minggu, 27 November 2011

Wakil Bupati Buka Diklat Pol PP Dairi 2011

Sidikalang,SIRA :
Bertempat di aula Sentrum kantor Pusat gereja Kristen protestan pakpak Dairi (GKPPD), Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi membuka Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Kemampuan Aparat Polisi Pamong Praja Dengan TNI/Polri dan Kejaksaan Kabupaten Dairi Tahun 2011, yang diikuti seluruh aparat Satpol PP Kabupaten Dairi, yang dilangsungkan secara bergelombang, Selasa (22/11).


Dalam laporannya, Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kab. Dairi Drs. Erwin Sihotang, yang dibacakan oleh Drs. Asiroha Tumanggor menyampaikan, penyelenggaraan Diklat tahun ini dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk melaksanakan tugas secara profesional yang dilandasi kepribadian yang baik sebagai anggota Satpol PP.
Selain itu, tujuan dilaksanakannya Diklat tersebut adalah untuk menciptakan aparatur yang tangguh, handal dan berwibawa, memantapkan sikap semangat dan pengabdian yang berorientasi pada penganyoman dan pemberdayaan masyarakat, menciptakan keamanan visi dan kemajuan pola pikir dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintah umum, masyarakat dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik, serta menjadi salah satu syarat kompetensi sebagai anggota polisi Pamong Praja.
Pada Diklat yang berlangsung dalam dua gelombang itu, yakni gelombang I selama 3 hari dari tanggal 22/24 nopember 2011, dan gelombang II selama 3 hari tanggal 29 Nopember s/d 1 Desember 2011 dengan pelaksanaan yang berlangsung dari pagi hingga sore harinya itu, Instruktur dan Nara sumber terdiri dari, Pasintel Kodim 0206 Dairi, Kapt. NG. Tarigan, Kasat Reskrim Polres Dairi, AKP. D. Oppusunggu, serta dari Kejaksaan negeri Sidikalang dan Satpol PP Provinsi Sumatera Utara. Materi yang disampaikan masing-masing narasumber menurut kemampuan dan spesifikasi masing-masing dalam hubungannya dengan tugas Pol PP.
Dalam sambutannya, Wabup Irwansyah Pasi menyampaikan bahwa, posisi tenaga Pol PP sangat strategis dalam mengawal setiap kebijakan dan peraturan daerah, disamping sebagai tenaga pengawalan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Sehingga, melalui Diklat terhadap Pol PP itu, diharapkan agar anggota Satpol PP memahami berbagai tugas dan peraturan menurut jenjangnya.
“Tugas Pol PP secara umum, membina ketentraman dan ketertiban masyarakat, Memberi peringatan dini dan penanggulangan pemeliharaan trantibmas, serta tugas yang melekat yakni penegakan peraturan daerah dan keputusan Bupati serta Keputusan lain yang dihasilkan oleh pemerintah yang harus ditaati oleh semua pihak dengan kewenangan prosedural,” ungkap Wabup.
Wabup mengakui, tugas Pol PP sangat berat oleh karenanya dengan mengikuti Diklat dan dengan komitmen yang kuat, diharapkan semangat serta konsisten dalam melaksanakan tugas, personil Pol PP dengan tugas yang dipikul akan terasa ringan dan baik dilaksanakan.
Terkait, adanya informasi oknum Pol PP, beberapa waktu lalu melakukan pungutan dan meminta sejumlah uang dari oknum aparatur yang kebetulan di razia, Wabup berpesan kepada peserta Diklat, untuk tidak meniru dan melakoninya lagi. Dia mengingatkan, peraturan akan tetap ditegakkan kepada seluruh aparatur yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku, demikian halnya kepada pelaku yang dimaksud.
Kepada Nara sumber, Irwansyah berharap, agar narasumber dan pelatih dapat memberikan yang terbaik kepada peserta Diklat, sehingga apa yang diinginkan bisa dicapai dengan baik, dan kepada panitia dan peserta, Wabup juga berpesan untuk senantiasa bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan itu sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai sesuai dengan program. (Robs)
Keterangan Foto: Peserta Diklat : Para peserta Diklat Pol PP yang terdiri dari personil Pol PP, baik ONS dan Banpol, pada pembukaan Diklat yang dibuka Wabup Dairi, Irwansyah Pasi, SH, Selasa, (22/11). Foto Dok SIRA Robinson Simbolon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar