Minggu, 25 September 2011

Kalau Gempa Sudah Datang Pasti Panik

Subulussalam,SIRA :
Tidak ada alasan kalau gempa sudah datang pasti panik sendiri,bahkan ingin mencari jalan masing-masing.
Bagaimanapun masih terngiang kejadian gempa daratan berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang Kota Subulussalam yang pusatnya di Aceh Singkil Baru Selasa (6/9) sekitar 00.55 WIB,sehingga warga berhambnuran keluar rumah untuk menyelamatkan diri untuk me4njaga keselamatan dan diperkirakan ribuan rumah baik itu mesjid bangunan pemerintah rusak berad dan ringan.

Warga selalu membayangkan kejadian itu ribuan rumah serta bangunan lainnya rusak. bahkan sebagian besar rusak parah. Dan walaupun sudah selesai gempa warga tidak berani masuk kerumah pada saat itu,hanya warga berani diteras rumah mereka,sebab takut gempa susulan.Memang kepanikan warga sungguh luar biasa,dan sambil mengucapkan Allahuakbar untuk meminta pertolongan kepada Allah .
Guncangan gempa berpusat di 2,81 Lintang Utara (LU)-97,85 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman sekitar 78 kilometer. Persisnya 59 kilometer (km) arah timur laut Kota Subulussalam menuju Kabupaten Aceh Singkil NAD,dan tidak berpotensi tsunami. Mayoritas penduduk di Subulussalam dan Aceh Singkil merasakan goyangan gempa diperkirakan sekitar 30 detik lamanya.
Pada esok harinya mendapat informasi Gempa tersebut dilaporkan telah merusak lebih dari 1.417 rumah di Kota Subulussalam dan sekitar 417 rusak ringan,sementara satu orang seorang murid SD meninggal tertimpa beton yang runtuh bangunan Akbid Medica Bakti Persada di sebelah rumahnya. Korban meninggal lainnya yang merupakan dampak tak langsung dari gempa seperti Usman Arifin mantan Ketua DPRD Aceh Singkil diakibatkan serangan jantung yang saat itu kemungkinan sok atau terkejut atas kehadiran gempa tersebut.
Tentang kerugian materiil masih belum bisa ditaksir. Namun, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam menaksir kerugian di kota itu saja akibat gempa kemarin tidak kurang dari Rp 50 miliar. Demikian dalam pantauan SIRA setelah terjadinya gempa di kota Subulusalam NAD, dan akan mengikuti perkem-bangan selanjutnya (SM/AT) 
Keterangan Foto : Inilah salah satu bangunan hancur dihantam gempa yang pusatnya di Aceh Singkil baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar