Sabtu, 20 November 2010

Lapangan Kerja Kurang, Para Pelamar CPNS Pasti Membludak

Dairi,SIRA :
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahunnya menjadi agenda yang tidak dilewatkan oleh para lulusan perguruan tinggi seluruh Indonesia, begitupun juga di Sumatera Utara.


Penerimaan CPNS Sumatera Utara yang dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 30 November 2010 sudah dipastikan akan dibanjiri oleh pelamar, yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Itulah pendapat salah satu pimpinan Media di Sidikalang baru-baru ini dan kebetulan media ini juga selalu mengikuti sistim proses tentang penerimaan CPNS didaerah ini dalam stiap tahunnya.Disebutkan lai, banyaknya pelamar CPNS dikarenakan terlambatnya pertumbuhan industri sebagai lapangan kerja untuk orang-orang berpendidikan tinggi. “Sebanyak satu juta orang lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya tidak didukung dengan banyaknya lapangan pekerjaan.
Pendapatan yang ‘nyaris’ sama di setiap daerah membuat para lulusan perguruan tinggi berlomba-lomba menjadi PNS. “Kalau jadi CPNS kan pendapatannya sama, soalnya salah tau contoh bahwa di Dairi CPNS,dan tanahk karo dan Pakpak Bharat pendapatannya. Sedangkan kalau kerja lain, belum tentu sama. Karena biasanya pendapatan kerja di Medan lebih besar daripada pendapatan kerja di Dairi sebutnya. Selain itu juga, membludaknya peserta CPNS terjadi karena jumlah penerimaan lowongan yang pertambahannya tidak banyak dari tahun ke tahun. Tapi tetap diminati sama pelamar yang gagal tahun lalu, dan juga pelamar baru yang akan mencoba tahun ini.“Ini seperti bola salju, makin lama makin banyak urainya.
Di Dairi juga saat ini akan menerima CPNS dan tentunya diperkirakan nantinya bisa membludak,padahal sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan Bupati Dairi nomor 811/5959/XI/2010 formasi tahun 2010 Pemkab Dairi menerima sebanyak 238 0rang dari berbagai jurusan (SR-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar