Sabtu, 13 November 2010

Komplotan Perampok Diringkus Polres Dairi

Sidikalang.SIRA :
   Gagal merampok pengusaha emas karena calon korban keburu “mencium’ ada bahaya, komplotan perampok ditangkap polisi setelah sempat “dimassakan” warga, Jumat (12/11) petang di Desa Silalahi Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi.


    Keterangan dari Polres Dairi, Sabtu (13/11) menyebutkan, kejadian itu berawal saat komplotan perampok yang berjumlah 6 orang berniat merampok Geni Sembiring, warga Sumbul Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi, seorang pengusaha emas. Sembiring diduga telah “digambar” aktivitasnya oleh para pelaku. Rencananya komplotan perampok akan menghadang mobil korban di jalanan yang sepi di jalan menuju Desa Silalahi pada Jumat siang itu, selanjutnya membawa lari emas yang ada di dalam mobil. Pelaku menungguu calon korban melintas di pinggir jalan, sementara mobil Daihatsu Xenia yang mereka bawa, diparkir tak jauh dari situ.
    Namun calon korban saat dalam perjalanan dan sudah mendekati lokasi perampok menunggu, mendapat informasi tentang hal yang mencurigakan. Mendengar informasi itu, mobil Kijang Kapsul milik korban kemudian diputar berbalik arah hendak kembali ke arah Sumbul.
Begitu tahu ‘target’ berbalik arah, para perampok kemudian mengejar dan melempari mobil dengan pisau dan benda lainnya. Namun tentu saja korban tetap berhasil lolos.
    Menyusul peristiwa tersebut, tak berapa lama kemudian warga bersama polisi yang telah dilapori peristiwa itu kemudian mengejar komplotan perampok. Dalam suatu situasi, para perampok yang sudah terdesak kemudian lari ke kawasan hutan. Namun akhirnya perampok berhasil dibekuk warga bersama polisi. Beberapa tersangka perampok tersebut bahkan sempat dimassakan warga.
   “Dari enam tersangka pelaku, lima sudah kita tangkap dan sisanya masih dalam pengejaran,” ujar Kapolres Dairi AKBP Yustan Alpiani SIK melalui Kasat Reskriim AKP Anjasmara Siregar kepada wartawan, Sabtu sore di Sidikalang. Untuk mempertanggunjawabkan perbutannya, para tersangka masih mendekam di tahanan Pollres, sedangkan sejumlah barang bukti termasuk peralatan perampok tersebut, diamankan.
     Adapun tersangka yang diamankan adalah OS (37), warga Desa Balahat Kecamatan Bah Jambi Nagori Kabupaten Simalungun, HS dan JS warga Jalan Sei Asahan Pematang Siantar dan tiga tersangka lainnya yang baru marganya diketahui.
“   Kasus ini memang percobaan perampokan, tapi kita akan selidiki dan ungkap jaringan mereka,” ujar Anjasmara yang didampingi Kaurbin Ops Reskrim Iptu B Manurung SH. (SR-01)

1 komentar: