Sabtu, 20 November 2010

Dengan Semangat Nilai Kepahlawanan Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial Nasional

Sidikalang,SIRA :
Sejalan dengan ungkapan salah seorang The Fonding Father kita bahwa, “Hanya Bangsa yang menghargai jasa Pahlawannyalah, dapat menjadi Bangsa yang besar, atau dengan ungkapan, Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya”.


Ungkapan itu disampaikan Menteri Sosial RI DR.Salim Segaf Al Jufri, MA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi SH selaku Inspektur Upacara(Irup) pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2010 yang dilaksanakan di Lapangan Sudirman Sidikalang, 10/11.
Dikatakannya, Upacara bendera memperingati hari Pahlawan, adalah sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan / Pejuang pendahulu Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Hari pahlawan yang diperingati setiap tahunnya itu, dilaksanakan dengan mengedepankan upaya menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan dan bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya untuk kemudian diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.
Pada Peringatan Hari Pahlawan 2010 yang dihadiri seluruh unsur Muspida Pemkab Dairi yakni, Kapolres Dairi AKBP Yustan Alpiani, Kadim 0206 Dairi Mayor Inf A S Marpaung, Kajari Sidikalang Pendi Sijabat, SH, Ketua Pengadilan Negeri sidikalang Jonner Manik, SH, dan Wakil Ketua DPRD Dairi Ir.Benpa Hisar Nababan serta peserta upacara yang diikuti sejumlah TNI/Polri, PNS, OKP, Ibu-ibu dari Bhayangkari cabang Dairi, Ibu-ibu KCK Kodim 0206 Dairi, serta pelajar dari tingkat SD hingga SLTA itu, Mensos DR.Salim mengajak agar seluruh peserta Upacara untuk dapat menghayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu seluruh peserta dalam mengisi kemerdekaan.
Tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2010 yakni “Dengan Semangat Nilai Kepahlawanan Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial Nasional”, hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan untuk mengatasi berbagai masalah yang melanda Bangsa Indonesia mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, keterpencilan hingga bencana alam serta masalah social lainnya, perlu perhatian dan keseriusan kita untuk menanggulanginya.
Dengan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan dan pejuang seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kepada kemampuan diri sendiri, dan suka menolong yang tercermin dalam pertempuran 10 November di Surabaya hendaknya dapat menggugah hati kita untuk berjuang bersama melawan berbagai persoalan dan masalah tersebut ujar mensos.
Mensos DR.Salim Segaf mengharapkan, agar melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 2010, rasa kesetikawanan social sebagai anak Bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah Bangsa harapnya.
Melalui sambutan tertulisnya DR Salim Segaf juga mengajak seluruh komponen Bangsa untuk merapatkan barisan berjuang membangun Negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, sehingga Bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan Negara lain di Dunia serta keutuhan Negara kesatuan RI dapat terus terjaga harapnya. Pada Upacara Bendera dalam rangka peringatan hari pahlawan 2010 itu, bertindak selaku Irup Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH, Komandan Upacara Kapten Inf. M Tambunan, dan Perwira Upacara Kapten Inf. R Simarmata.
Sebelumn menyambut Hari Pahlawan tersebut,pada jam l.00 Wib, dilakukan Upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Sidikalang, dihadiri Unsur Muspida Dairi dan Wakil Ketua DPRD Dairi Ir.Benpa Hisar Nababan serta diikuti TNI / Polri, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Dairi, dan bertindak selaku inspektur Upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Jonner Manik, SH. Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2010 di Kabupaten Dairi Mensos : “ Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang menghargai Jasa Para pahlawannya” selanjutnya pada pagi harinya Rabu (10/11), sebelum Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan, di lokasi Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidikalang, juga dilaksanakan Upacara yang dirangkai dengan acara tabur bunga yang juga diikuti Unsur Muspida Plus, TNI/Polri, SKPD Pemkab Dairi, Wakil ketua TP PKK Pemkab Dairi Ny. Marni Pasi Br Sagala, Ketua Dharma wanita Kabupaten Dairi Ny.Pestaria marbun, serta PNS lainnya. Sedangkan kegiatan Tabur Bunga tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara Kajari Sidikalang Pendi Sijabat SH. (SR-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar